Kehumasan Ujung Tombak Penyampaian Informasi ke Masyarakat

KPUSKH-KPU Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Partisipasi Masyarakat dan Kehumasan pada Pemilihan Umum Tahun 2019, yang diikuti oleh seluruh divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM  KPU kabupaten/kota se-Jawa Tengah .  

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran dan tugas divisi Sosdiklihparmas tidak hanya bertugas pada saat  tahapan Pemilu/Pilkada tetapi dalam setiap waktu.

“Tugas divisi Sosdiklihparmas memegang peranan penting  tidak hanya saat ada tahapan dalam Pemilu dan Pilkada tetapi hampir setiap waktu untuk memberikan Pendidikan politik.” Lebih lanjut Drajad, panggilan akrab Yulianto Sudrajat menuturkan bahwa Voter Education (VE) bisa menjadi salah satu alternative dalam memberikan politik dan demokrasi kepada masyarakat.

 

Target partisipasi Pemilu 2024 akan menjadi berat karena saat Pemilu 2019 angka partisipasi masyarakat 81%, sehingga untuk mempertahankan capaian partisipasi itu tidaklah mudah,tambahnya lagi.  “Bahwa  tugas KPU dalam bidang sosdiklihparmas tidak terbatas pada angka kuantitatif partisipasi masyarakat  tetapi juga kualitas partisipasi harus ditingkatkan.”

Ia juga menegaskan pentingnya tugas  untuk membangun kesadaran masyarakat  terhadap politik, bukan hanya semata  pada mengunakan hak pilihnya karena iming-iming  politik, money politik atau yang lainnya.

 

Lebih lanjut mantan komisioner KPU Sukoharjo ini mengingatkan bahwa kehumasan dan jurnalistik menjadi sangat penting meskipun secara struktural belum ada di propinsi maupun kab kota, dan  tugas ini diperankan oleh divisi Sosdiklihparmas. 

“ Dibutuhkan kemampuan kehumasan tidak hanya mampu lesan tetapi juga kemampuan menulis. Ini tantangan bagi teman-teman,” tegas Drajad.

Kegiatan evaluasi ini juga menghadirkan narasumber  Anas  Syahirul, Jurnalis dan  Ketua PWI Surakarta serta  Pimpinan Redaksi Solo Pos, Suwarmin Mulyadi   untuk menjadi pemantik diskusi tentang penulisan dan kehumasan.

Acara yang berlangsung dari tanggal 8 sampai 9 Oktober 2019 ini bertempat di Hotel Nava Tawangmangu Karanganya Jawa Tengah. (SH)

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.