KPU Genjot Peningkatan Partisipasi Masyarakat

KPUSKH-Kegiatan Konsolidasi Regional (Konreg) Gelombang II Partisipasi Masyarakat (Parmas) di Manado Sulawesi Utara resmi ditutup, Jumat (13/9/2019). Penutupan kegiatan dihadiri Ketua KPU RI Arief Budiman, Anggota Wahyu Setiawan, Evi Novida Ginting Manik, Ilham Saputra, Pramono Ubaid Tanthowi serta Viryan.

 

Wahyu Setiawan selaku Koordinator Divisi Partisipasi Masyarakat mengajak jajarannya untuk tidak berpuas diri dan tetap fokus mempersiapkan agenda kepemiluan berikutnya. Pencapaian yang telah diperoleh pada Pemilu 2019 wajib menjadi tolok ukur untuk mendapat hasil serupa di Pemilihan 2020. 

"Angka partisipasi yang tinggi itu mesti harus dipertahankan dengan berbagai pendekatan yang sudah tertera dalam peraturan KPU partisipasi masyarakat. Kita harus menetapkan target partisipasi pada Pemilihan 2020, target tidak ambisi,  target yang realistis," kata Wahyu.

Menurut Wahyu melalui forum konreg upaya untuk mempertahankan prestasi tersebut bisa dilakukan. Karena selama Konreg peserta yang berasal dari KPU provinsi, kabupaten/kota diajak untuk berpikir,  mencoba membuat kreasi-kreasi baru yang dapat mendorong partisipasi politik lebih tinggi dari masyarakat. "Subtansial dari partisipasi itu sendiri," tutur Wahyu.

Sementara itu Arief Budiman dalam sambutannya kembali mengingatkan agar jajaran KPU didaerah tetap bekerja transparan, berintegritas dan profesional. Buah dari ketiga prinsip tersebut adalah terciptanya pelaksanaan yang aman, penyelenggara yang berintegritas hingga berkurangnya sengketa.

Pencapaian itu menurut dia juga akan menunjang konsolidasi demokrasi yang semakin lebih baik.(sumber kpu.go.id)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.