Pengesetan Kotak Surat Suara Dengan Protokol Kesehatan Ketat

KPUSKH-20 hari jelang pemungutan suara,  KPU Sukoharjo mulai melakukan pengesatan kotak suara, sejumlah 1.830 buah di gedung Graha Mulya yang diperuntukkan sebagai gudang penyimpanan logistik Pilbup Sukoharjo Tahun 2020.

Sejumlah 12 tenaga terlibat dalam pengerjakan pengesetan kotak surat suara selama 2 hari yakni mulai tanggal 18-19 November 2020.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, , Suci Handayani, Rabu (18/11/2020), mengatakan, persiapan pemenuhan kebutuhan logistik Pilkada 2020 sudah mulai dikerjakan KPU Sukoharjo.

“Hari ini kamu mulai melakukan pengesetan kotak surat suara sejumlah 1.830  dengan melibatkan 12 orang selama 2 hari,” tuturnya.

         

Kotak surat suara diperuntukkan untuk 1.775 TPS, beserta untuk keperuan rekap di PPK dan KPU serta untuk cadangan.

Alasana memilih Graha Mulya selain dekat dengan kantor KPU sehingga memudahkan pengawasan juga karena lokasi dan tempatnya representatif.

Kami membutuhkan tempat yang luas karena semua petugas menerapkan protokol kesehatan dengan berjarak, kemudian juga tertutup rapat,  bebas banjir dan tidak bocor,” tambah wakil divisi Logistik ini.

“Kami  melakukan pengesetan kotak suara Pilkada 2020 dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona.  Sebelum masuk gedung semua wajib cuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak . Juga kami pastikan suhu tubuh normal dan sehat saat bekerja. “

Penerapan usia juga menjadi persyaratan semua petugas pengesetan yakni diatas 20 tahun dan maximal 50 tahun. “ Penerapan usia ini baru terjadi di Pilbup 2020 , kami sesuaikan dengan persyaratan usia KPPS dan PPDP sebagai upaya   meminimalisir  covid-19, jelasnya lagi.

Suci Handayani terjun langsung melakukan pengawasan terhadap proses pengesetan ditemani sejumlah staf  KPU Sukoharjo.  Pengawasan dilakukan secara ketat terhadap petugas untuk memastikan proses pengesetan sudah betul sesuai dengan petunjuk pelaksanaan Pilkada 2020. Disisi lain juga menghindari kesalahan dan kerusakan sebelum didistribusikan ke TPS.

Dari seluruh kotak surat suara tidak ada kerusakan sehingga semua layak dan siap untuk didistribusikan , ujarnya menutup pembicaraan.(SH)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.