Persiapkan Kampanye, KPU Rapat Lintas Sektoral

KPUSKH- Tahapan kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo tanggal 26 September -5 Desember 2020, KPU Sukoharjo adakan rapat koordinasi lintas sektoral, Selasa(18/8/2020).

Rakor penting sebagai masukan bagi KPU untuk mempersiapkan kampaye terutama lokasi kampanye, ujar  Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda. Ia berharap jauh sebelum pelaksanaan kampanye semua peraturan sudah disosialisasikan kepada terutama partai politik pengusung paslon.

“Sesuai  PKPU Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, pelaksaan kampanye dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 26 September 2020 s.d 5 Desember 2020, kami persiapan lebih awal,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa secara umum Kampanye untuk Pilbup  tahun 2020 tidak banyak perbedaan dengan kampanye sebelumnya, perbedaan pada smeua mengunakan protokol kesehatan pencegahan covid19.

 

Materi yang menjadi pembahasan mengacu pada PKPU 4 tahun 2017  tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota dan PKPU 6 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Divisi sosdikliparmas KPU Sukoharjo, Suci Handayani saat memimpin rakor menyampaikan tentang Kampanye Pemilihan Serentak Lanjutan, dapat dilaksanakan dengan metode pertemuan terbatas; pertemuan tatap muka dan dialog; debat publik atau debat terbuka antar-Pasangan Calon; penyebaran bahan Kampanye kepada umum; pemasangan Alat Peraga Kampanye; penayangan Iklan Kampanye di media masa cetak, media masa elektronik, dan Lembaga Penyiaran Publik atau Lembaga Penyiaran Swasta; dan/atau kegiatan lain yang tidak melanggar larangan Kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Semua kegiatan kampanye dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), dan berkoordinasi dengan perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan di bidang kesehatan dan/atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) setempat,” tambahnya.

            

Yang berbeda dengan sebelumnya, untuk rapat umum sesuai dengan Pasal 64 PKPU 6/2020 dimulai pukul 09.00 waktu setempat dan berakhir paling lambat pukul 17.00  dan dilakukan di wilayah setempat yang telah dinyatakan bebas Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di wilayah setempat, ucap Suci lagi.

Rapat disepakti akan dilanjutkan untuk mengerucutkan beberapa point penting seperti lokasi kampanye yang akan ditentukan, memastikan protokol kesehatan pencegahan covid-19 dan tehnis lainnya.

Hadir  dalam rapat koordinasi ini Polres Sukoharjo, Bawaslukab, Badan Keuangan Daerah Sukoharjo, Satpol PP, DKK atau Gugus Tugas  Covid-19, Bagian Hukum,  Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik(Kesbangpol), dan Dinas Perhubungan. (SH).

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.