Rumah Pintar Pemilu Sebagai Sarana Edukasi Nilai-nilai  Demokrasi

KPUSKH-Tidak seperti biasanya, kali ini pertemuan rutin Dharma Wanita Kabupaten Sukoharjo ada yang berbeda. KPU Sukoharjo ikut mengisi acara  sosialisasi Rumah Pintar Pemilu (RPP). Komisioner KPU Sukoharjo, Suci Handayani, Ita Efiyati dan Syakbani Eko Raharjo  hadir dalam pertemuan rutin yang dilakukan sebulan sekali tersebut.

 

“ Rumah Pintar Pemilu (RPP) adalah sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang/ bangunan khusus untuk melakukan seluruh program-aktifitas project edukasi masyarakat. Konsep rumah pintar pemilu itu menjadi penting untuk menjawab kebutuhan pemilih dan masyarakat umum akan hadirnya sebuah sarana untuk melakukan edukasi nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan. “ tutur Suci, divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sukoharjo.

RPP diharapkan dapat membentuk generasi bangsa yang mampu menerjemahkan nilai demokrasi sesuai khittahnya. Generasi inilah yang selain dapat menjadi pemilih cerdas, juga dapat menjadi pemimpin yang berkualitas dan melahirkan kebijakan yang memihak pada tujuan kesejahteraan masyarakat, tambahnya lagi.

“Berbagai sarana untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi disediakan di rumah pintar pemilu. Untuk menjalankan fungsi itu berbagai hal tentang pemilu dan demokrasi  disampaikan melalui penayangan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi dan ruang diskusi. RPP kami sejak bulan Januari 2017 lalu dan sudah menerima kunjungan lebih dari 500 pelajar,” imbuhnya.

 

RPP KPU Sukoharjo diresmikan pada tanggal 24 Januari 2017 oleh Ketua KPU RI Juri Ardiantoro bersama Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya.

Lebih lanjut ia sangat  berharap masyarakat memanfaatkan RPP sebagai saran diskusi dan belajar demokrasi Bersama-sama. Oleh karenannya, kunjungan elemen masyarakat sangat di nantikan.

“ Selain menerima kunjungan masyarakat, kami juga berkeliling ke berbagai segmen masyarakat untuk memberikan informasi RPP kami. Harapannya, masyarakat tahu dan bersedia berkunjung.”

Sosialisasi fasilitasi RPP  di hadiri ketua PKK Kabupaten yang juga istri Bupati Sukoharjo, Etik Suryani  dan ketua Dharma Wanita Kabupaten yang juga istri Sekda Sukoharjo, Galuh Agus Santoso, dihadiri sekitar 150 anggota Dharma Wanita, bertempat  di Gedung PKK Kabupaten, Selasa(15/10).   (SH)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.