Rumah Demokrasi                                                             

Rumah Demokrasi sebagai bentuk apresiasi KPU Kabupaten Sukoharjo terhadap animo masyarakat dalam berdemokrasi. Diharapkan kehadiran Rumah Demokrasi di KPU Kabupaten Sukoharjo ini dapat memberikan pemahaman dan pendidikan politik serta nilai-nilai tentang pemilu yang bermanfaat bagi masyarakat. Sebagai sarana demokrasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Rumah Demokrasi ini diharapkan menjadi ajang dan sarana edukasi masyarakat dalam memahami pentingnya pemilu.
Di Rumah Demokrasi ini sejumlah fasilitasi pendukung pendidikan pemilih dan pelayanan informasi serta dokumentasi mulai dari sejarah pemilu, penyelenggara pemilu, informasihasil-hasil pemilu dari tahun ke tahun mulai tahun 1955 s/d 2015 di Kabupaten Sukoharjo serta berbagai informasi perolehan hasil, partisipasi, jumlah pemilih, TPS. Tidak ketinggalan di Rumah Demokrasi ini juga terdapat perpustakaan mini, maket TPS, ruang simulasi/diskusi serta ruang audio visual yang menyatu dalam Rumah Demokrasi KPU Kabupaten

Rumah Demokrasi KPU Kab. Sukoharjo dibanguntahun 2016 merupakan tempat pembelajaran pemilu yang terdiri dari 3 (tiga) ruangan yaitu :
a. Ruang Display yang memiliki koleksi antara lain :
       1) Hasil Pemilu berupa grafik dari tahun 1955-2015


       2) Hasil partisipasi, Partai peserta pemilu, Ketua dan Anggota DPRD, Calon dan Kepala Daerah TerpilihPerpustakaan berisi buku-buku laporan            pemilu dan buku yang terkait dengan pemilu.


       3) Bahan sosialiasi dari KPU RI, KPU Provinsi Jateng KPU Kabupaten Sukoharjo dan peserta pemilu

       4) Maskot pemilu dan bendera peserta pemilu Logistik Pemilu seperti surat suara, alas coblos, stiker, hasil dokumentasi pemilu dll.

b. Ruang Simulasi dan diskusi yaitu ruangan yang menampilkan sistem pemungutan suara di TPS melalui maket atau diorama dan tempat untuk
    melakukan diskusi terkait kepemiluan.



c. Ruang audio visual , merupakan tempat untuk menyajikan pemutaran video tentang pemilu dari tahun 1955-2015 baik nasional maupun lokal        Jawa Tengah dan Sukoharjo.


Tujuan dari didirikannya rumah demokrasi :
1. Tempat edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi ;
2. Sarana pendidikan dan pengenalan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi ;
3. Tempat informasi kepemiluan dan kajian tentang demokrasi ;
4. Sebagai sarana demokrasi dalam peningkatan partisipasi pemilih dengan mengedepankan budaya lokal.

Rumah Demokrasi KPU Kabupaten Sukoharjo melayani kunjungan untuk pelajar, mahasiswa dan umum pada setiap hari, senin s/d jumat tanpa dipungut biaya mulai pukul 08.30 – 15.30 WIB. Untuk mengatur jadwal kunjungan dalam kelompok/rombongan dalam jumlah di atas 15 (lima belas) orang agar menyampaikan pemberitahuan tertulis atau lisan terlebih dahulu paling lambat 1 (satu) hari sebelumnya melalui :

Telp               : 0271) 592761
Fax                : (0271) 592619
Contact Person  : Boedi : 085800023094
Email              : kpukabsukoharjo@gmail.com

Dengan adanya Rumah Demokrasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana proses dan tahapan penyelenggara Pemilu dan Pilkada
berjalan, sehingga memberikan wawasan atau pengetahuan tentang kepemiluan bagi masyarakat, selain itu diharapkan dapat menjadi destinasi wisata kepemiluan di Kabupaten Sukoharjo.