BERITA DETAIL     19 April 2013
Pencalegan

“Penyerahan DCS Parpol”

Menjelang batas akhir penyerahan Daftar Caleg Sementara (DCS) ke KPUD, belum ada satu partaipun yang setor. Padahal batas waktu penyerahan tinggal 5 hari tepatnya 22 April 2013. Anggota KPUD Sukoharjo Divisi Teknis Penyelenggaraan mengatakan dari total 12 parpol peserta pemilu yang sudah berkomunikasi dan menyerahkan DCS baru Partai Keadilan Sejahtera.

“Sebenarnya parpol sudah dapat menyerahkan DCS sejak 9 April 2013, tetapi sejauh ini baru PKS yang sudah berkomunikasi untuk menyerahkan DCS pada kami” ujar Utami Dewi. Pihaknya tidak tahu apakah ada kendala sehingga parpol belum menyerahkan DCS. Padahal DCS yang diserahkan oleh parpol  tidak harus 100 %, tetapi parpol wajib memenuhi quota 30 % caleg  perempuan disetiap daerah pemilihan. Parpol sendiri boleh tidak memenuhi jumlah maksimal caleg disetiap daerah pemilihan. Misalnya, jika dalam suatu dapil jumlah kursi maksimal 12, parpol boleh mengisi daftar caleg lima atau enam, hanya untuk quota 30 % perempuan harus dipenuhi.

.Jika penyerahan DCS sudah selesai, KPU akan melanjutkan dengan verifikasi pada tanggal 23 April s/d 6 Mei. Verifikasi tersebut lebih pada persyaratan tiap caleg yang diajukan. Hasilnya akan disampaikan kepada parpol pada tanggal 7-8 Mei. Jika ada kekurangan atau kesalahan DCS tersebut dapat diperbaiki pada tanggal 9-22 Mei. Sedangkan penyusunan dan penetapan DCS  akan dilakukan KPU pada tanggal 30 Mei-12 Juni.

Ketua DPD PKS Sukoharjo, Bimawan mengatakan, kemarin merupakan batas waktu penyerahan DCS dari internal karena seluruh pengurus DPD harus ke Semarang untuk mengikuti agenda Milad PKS. PKS menyerahkan 100 % DCS disemua dapil kecuali di dapil I dari jumlah kursi yang ada hanya diisi 11 caleg. Kami menjamin quota 30 % caleg perempuan disemua dapil sudah terpenuhi. Ada 4 anggota DPRD yang masih nyalon kembali, contohnya Hasman Budiadi yang kembali masuk daftar caleg untuk dapil IV Grogol, sebelumnya ia menjabat Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sukoharjo diisukan akan masuk caleg untuk DPRD Provinsi tapi dengan berbagai pertimbangan ia tetap nyaleg untuk DPRD Sukoharjo. (Suara Merdeka, 18 April 2013)

Informasi dari Anggota KPU Jawa Tengah Nuswantoro Dwiwarno bahwa peminat tokoh masyarakat untuk mendaftar  sebagai calon Anggota DPD masih besar sebab sampai tanggal 19 April kemarin sudah ada 8 empat tokoh masyarakat yang mendaftar sebagai calon Anggota DPD yakni mantan Bupati Jepara Hendro Martojo, Ketua DPW Anshor Jateng Jabir Alfaruqi, Pengusaha asal Banyumas Totok Dirgantoro, Tokoh Masyarakat Temanggung Heryanto, Incumen Anggota DPD GKR Ayu Koes Indriyah, Ketua Umum PGRI Sulistyo, Anggota DPR-RI/ Komisi XI dari PDIP Sumaryoto, Bisnis Women asal Kudus Kandari.

Sementara Incumen Anggota DPD Poppy Susanti Dharsono dan Tokoh Masyarakat Grobogan Ahmad Niam Sukri bukti dukungan dan persyaratan bagi keduanya sebetulnya sudah mencukupi. Namun bagi Bu Poppy Susanti Dharsono belum digandakan sebanyak 3 rangkap, sedangkan bagi Pak Ahmad Niam Sukri jumlah dukungan dibeberapa daerah kurang dari sepuluh.

Selain mereka, Mantan Anggota Panwaskab Temanggung Denty Eka Widiy Pratiwi, Wakil Ketua DPRD Jateng Bambang Sadono telah mengumumkan akan mendaftar pada hari Sabtu 20 April 2013.

Adapun syarat bagi calon Anggota DPD harus memiliki dukungan minimal 5000 orang yang tersebar di 18 kabupaten/ kota di Provinsi Jawa Tengah.  Sedangkan perjuangan untuk bisa menjadi Anggota DPD cukup berat karena harus melakukan komunikasi di semua daerah pemilihan dan meraih sekitar 1.200.000 suara (Bhagasnada, 20 April 2013)

Senin 22 April 2013, ketujuh parpol peserta pemilu 2014 berbondong-bondong ke KPUD Sukoharjo untuk menyerahkan Daftar Caleg DPRD Kabupaten Sukoharjo. Berbagai cara yang unik dilakukan oleh para pengurus dan simpatisan saat menyerahkan DCS. Sekitar pukul 09.00 WIB Partai Nasional Demokrat membuka acara dengan menumpang andong, kemudian sekitar pukul 11.30 WIB giliran PDIP mendatangi Kantor KPUD dengan mengendarai becak diiringi belasan mobil off road. Konvoi tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukoharjo.

Semua partai sudah menyerahkan berkas sebelum tenggat waktunya. Sebagai parpol menyerahkan DCS pada hari terakhir karena diperkirakan internal parpol masih menyelesaikan pemberkasannya. Tapi tidak semua partai memanfaatkan waktu yang diberikan KPUD Sukoharjo untuk mempersiapkan berkas Daftar Calon Sementara (DCS). Buktinya hingga hari terakhir pendaftaran DCS kemarin, PKPI hanya mendaftarkan dua bakal calon anggota legislative (bacaleg).

Ketua KPUD Sukoharjo Kuswanto mengatakan pada hari akhir pendaftaran bacaleg 12 parpol peserta pemilu sudah mengirimkan berkas administrasi bacalegnya, meski demikian masih ada parpol yang belum memenuhi semua persyaratan dan KPUD memberikan toleransi pada masa perbaikan 22 Mei 2013.

Sampai akhir masa pendaftaran, tercatat hanya 3 parpol yang langsung mengajukan caleg sesuai batas maksimal 45 orang. Sedangkan 8 partai lainnya masih berkomitmen untuk menambah caleg masing-masing pada masa penambahan 22 Mei mendatang. Sedangkan PKPI tidak berkomitmen apa-apa karena pada masa pendaftaran saja hanya mengajukan 2 berkas bacaleg dan belum tuntas mengumpulkan berkas karena ada sejumlah persyaratan administratif belum terpenuhi. Akhirnya KPUD harus menunggu sampai dengan lewat jam pendaftaran.

Salah satu Anggota PKPI yang hadir dalam pendaftaran di KPUD Sukoharjo mengakui bahwa pihaknya memang belum mampu untuk memenuhi semua persyaratan dari KPUD karena kepengurusan baru terbentuk 2 hari yang lalu. Sementara itu, Ketua DPC PDIP Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya, SH, MH mengatakan PDIP telah memenuhi quota maksimal dan pada Pemilu 2014 mendatang pihaknya menargetkan 23 orang dapat terpilih. Sedangkan saat ini ada sebanyak 19 orang dari PDIP yang menduduki kursi legislatif sehingga pemilu mendatang harus ada peningkatan.

Selain PKPI, partai lain yang menyerahkan DCS kemarin adalah PKB, PPP, Hanura, PDIP dan PAN (Jawa Pos dan Solo Pos, 23 April 2013) sehingga jumlah total caleg DPRD Kabupaten Sukoharjo adalah 413 orang yang terdiri 155 perempuan dan 258 laki-laki. Sedangkan jumlah total Caleg DPR-RI adalah 6.576 orang yang terdiri 2.434 perempuan dan 4.142 laki-laki. 



AGENDA
BANK DATA
DOWNLOAD AREA
BUKU TAMU
Yunus Nur Rochman : Dengan hormat,kami perwakilan Karangtaruna \"Manggala Muda\" Ds. Triyagan sangat mendukung program pemerintah dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya PEMILU yang akan dilaksanakan 09 April 2014 agar dapat meminimalisir angka GOLPUT terutama di kalangan masyarakat kami dan umumnya di wil. Sukoharjo. Rencananya kami akan menghubungi beliau-beliau (Caleg dapil V) agar dapat bersosialisasi di wilayah kami. Mengingat lokasi wilayah kami di bagian Sukoharjo paling Utara-Timur berbatasan dengan Karanganyar, jadi di tempat kami hampir sama sekali tidak ada sosialisasi dari Caleg, sehingga selama ini masyarakat Triyagan hanya seperti memilih kucing di dalam karung. Untuk itu, kami mohon bantuannya untuk mendapatkan alamat lengkap Caleg wilayah Sukoharjo Dapil V? Atas bantuan dan terkabulnya permohonan ini kami ucapkan terimakasih.

PENGUNJUNG
Hari Ini 47
Bulan Ini 1292
Bulan Lalu 14977
Hits 184452
Online 45300
Total Kunjungan 45300
LINK TERKAIT     Selengkapnya ...
HUBUNGI KAMI
Email : info@kpud-sukoharjokab.go.id
Alamat : Jl. Diponegoro No. 41 B Sukoharjo
Telp/Fax : (0271) 592761 , 592619
(0271) 592761
Copyright © 2012. Komisi Pemilihan Umum Sukoharjo
Developed by Citraweb Nusa Infomedia