Anggota DPR-DPD 2019-2024 Resmi Dilantik

KPUSKH-Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menuntaskan tugas penyelenggaraan Pemilu 2019 dengan mengantarkan 575 calon DPR terpilih serta 136 anggota DPD terpilih 2019-2024 menjalani proses pelantikan, di Gedung Parlemen pada Selasa (1/10/2019).

Ketua KPU RI, Arief Budiman, Anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik, Viryan, Wahyu Setiawan, Hasyim Asy’ari, Ilham Saputra serta Pramono Ubaid Tanthowi tampak hadir mengantarkan 711 calon DPR dan DPD terpilih membacakan sumpahnya dihadapan Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

Pelantikan yang dilakukan dalam sebuah Rapat Paripurna juga turut dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah Menteri Kabinet Kerja serta Pimpinan Lembaga Tinggi Negara.

 

Rapat dibuka dengan pengumuman yang disampaikan Sekjen KPU RI Arif Rahman Hakim terkait calon DPR terpilih dengan usia tertua Abdul Wahab Dalimunthe (80 tahun) dari Partai Demokrat Dapil Sumut I dan calon DPR dengan usia termuda Hillary Brigitta Lasut (23 tahun) dari Partai NasDem Dapil Sulawesi Utara. Dilanjutkan dengan calon DPD terpilih dengan usia tertua Sabam Sirait (82 tahun) dari Dapil DKI Jakarta serta calon DPD dengan usia termuda Jiallica Maharani (22 tahun) dari Dapil Sumatera Selatan.

Oleh Sekjen DPR RI, Indra Iskandar, dua nama tersebut (Abdul Wahab Dalimunthe-Hillary Brigitta Lasut) kemudian ditunjuk untuk menjadi pimpinan DPR RI sementara. Hal senada juga dilakukan Sekjen DPD RI Reydonnizar Moenek yang menunjuk Sabam Sirait-Jiallica Maharani sebagai pimpinan DPD RI sementara. Selanjutnya, keempat orang tersebut menjalankan tugas memimpin jalannya rapat paripurna yang puncaknya adalah pembacaan sumpah dan janji oleh seluruh anggota DPR dan DPD terpilih. Pengambilan sumpah diikuti oleh seluruh anggota dewan, yang seremonialnya diwakili oleh anggota beragama Islam, Kristen, Katolik, Hindu serta Budha dan diakhiri dengan penandatanganan berita acara pelantikan.

Duet pemimpin sementara DPR dan DPD, Abdul Wahab Dalimunthe-Hillary Brigitta Lasut serta Sabam Sirait-Jiallica Maharani sukses menjalankan tugas sebagaimana amanat yang diberikan. Mereka tampak kompak meskipun terpaut usia yang cukup jauh.

Usai dua pelantikan anggota terpilih DPR dan DPD, rangkaian acara kenegaraan berlanjut dengan pelantikan Anggota MPR 2019-2024. Kembali dua nama anggota MPR terpilih dengan usia tertua, Sabam Sirait (DPD) serta Hillary Brigitta Lasut (DPR) memimpin jalannya rapat paripurna. Sebagaimana proses sebelumnya, 711 anggota MPR terpilih kemudian menjalani proses sumpah dan janji yang dipimpin oleh Ketua MA Hatta Ali. Sidang paripurna pun ditutup dengan pembacaan doa untuk keselamatan dan kemajuan bangsa. SH(sumber.kpu.go.id)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.