Daftar Pemilih Berkelanjutan Sukoharjo Berkurang 6 Pemilih

KPU-SKH. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo melaksanakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih  Berkelanjutan (DPB) periode  bulan Juni 2021, pada hari Kamis (1/7/2021). Dengan rincian Jumlah Pemilih sebanyak 661.842, sedangkan jumlah DPB bulan sebelumnya sebanyak 661.848, artinya data Pemilih pada bulan Juni tahun 2021, berkurang sebanyak  6 pemilih.

Rapat Koordinasi yang diselenggarakan secara daring itu dihadiri Ketua dan anggota KPU Kabupaten Sukoharjo, serta melibatkan stakeholders Kabupaten Sukoharjo diantaranya Bawaslu, Disdukcapil, Kemenag, Polres, Kodim 0726 Sukoharjo, dan perwakilan Partai Politik se Kabupaten  Sukoharjo.

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda menjelaskan, bahwa pelaksanaan Rakor sesuai Surat Dinas KPU RI Nomor 336/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021tertanggal 21 April 2021 tentang Perubahan Surat Ketua KPU RI Nomor 132/Pl.02-SD/01/KPU/II/2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2021. Rapat Pleno internal dilaksanakan setiap bulan sementara untuk rapat Koordinasi  dengan instansi terkait diselenggarakan setiap 3 bulan sekali.

Namun, kata Ndan Nuril panggilannya,  Rapat Koordinasi dengan stakeholders / pihak terkait, kali ini KPU Sukoharjo lakukan secara daring, karena guna mengantisipasi penyebaran COVID-19, yang belum berakhir.

Hasil Rekapitulasi bulan Juni 2021, yang disampaikan oleh Cecep Choirul Sholeh, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Sukoharjo,  tersebar  di 12 Kecamatan, dan 167 Desa/Kelurahan, termasuk potensi pemilih baru, pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan Perbaikan Data Pemilih. Potensi Pemilih Baru Laki-laki 0, Perempuan 3, jumlah potensi  pemilih baru sebanyak 3 pemilih. Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 9, laki-laki 6 dan perempuan 3. Sedangkan Perbaikan Data Pemilih sebanyak 1 pemilih perempuan. Sehingga DPB bulan Juni 2021, sebagai berikut, Pemilih Laki-laki sebanyak laki-laki  327.241, dan pemilih Perempuan sebanyak 334.601, sehingga total berjumlah 661.842 Pemilih. 

Pada akhir acara ditutup dengan menerima  masukan dari pihak terkait, dari Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Sukoharjo, Kemenag Kabupaten Sukoharjo dan Bawaslu Kabupaten Sukoharjo, yang kemudian akan dijadikan bahan pertimbangan penyusunan DPB pada periode berikutnya.

Bagi warga Kabupaten Sukoharjo, yang belum terdaftar sebagai pemilih, mengalami perubahan indentitas diri, atau memberikan masukan terkait pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS), dapat melaporkan secara online di http://bit.ly/dpbsukoharjo, atau datang langsung ke kantor KPU Kabupaten Sukoharjo, Jl. Diponegoro 41B Sukoharjo. (CCS)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.