Evaluasi Kinerja Guna Mengukur Capaian Kinerja

KPUSKH-Menindaklanjuti Evaluasi KInerja Triwulan I Tahun 2021 oleh KPU Provinsi beberapa hari yang lalu, hari ini Senin (24/5/21) Kpu Sukoharjo melakukan rapat evaluasi kinerja triwulan I. 

“Berdasarkan evaluasi dari KPU Provinsi, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian kita bersama terutama pada pencapaian kinerja yang sudah direncanakan,” kata Ketua KPU , Nuril Huda saat membuka rapat.

Lebih lanjut ia juga mengingatkan pentingnya masing-masing divisi dan kasubag untuk mencermati rencana kegiatan dan implementasi dari kegiatan yang dilaksanakan.

Sekretaris KPU Sukoharjo, Suhadi kembali menyampaikan rapat evaluasi kinerja yang dilakukan KPU Provinsi bertujuan untuk mengukur capaian kinerja Satker KPU Kabupaten/Kota sehingga KPU Kabupaten/Kota bisa mengevaluasi kinerja SDM pegawai sesuai tupoksi. Diharapkan hasil dari evaluasi tersebut menjadi perhatian penting untuk meningkatkan kinerja berikutnya.

Dari evaluasi KPU Provinsi Jawa Tengah, KPU Sukoharjo menempati urutan IKPA ke-5 dari 35 kab/kota se Jateng. Sesuai PMK Nomor 195/PMK.05/2018  tentang Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Belanja Kementrian Negara/Lembaga, Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara mengukur kualitas kinerja belanja dengan menggunakan IKPA.

IKPA adalah Indikator yang ditetapkan Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN) sebagai alat ukur untuk menentukan kualitas tingkat kinerja dari sisi kesesuaian perencanaan, efektifitas pelaksanaan anggaran, efesiensi pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi.

IKPA menjadi ukuran evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran yang memuat 13 indikator dan mencerminkan aspek kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan anggaran, kepatuhan pada regulasi, serta efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan.

Tetapi masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan salah satunya tentang penyerapan anggaran pada triwulan pertama yang belum optimal.

Divisi Sosdiklihparmas dan SDM, Suci Handayani menyampaikan laporan kinerja dan capaian divisi selama triwulan beserta rencana kegiatan untuk triwulan berikutnya. Sekaligus mengusulkan rencana optimalisasi kinerja dan anggaran secara umum.

Dalam rapat ini juga  dilakukan evaluasi kegiatan yang telah terlaksana dan merencanakan strategi , upaya untuk optimalisasi  kegiatan triwulan berikutnya. Di hadiri oleh ketua, anggota KPU, sekretaris dan kasubag.(SH)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.