Lagu Indonesia Raya dan Pancasila Berkumandang  Dalam Apel Pagi , Tumbuhkan Nasionalisme

KPUSKH-Mendengarkan atau menyanyikan  lagu Indonesia Raya rutin dilakukan KPU Sukoharjo bertujuan untuk memupuk kembali rasa cinta tanah air dan  bangsa  serta menumbuhkan semangat nasionalisme dan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia. Sekaligus melestarikan lagu-lagu nasional dan untuk menghargai  mengenang jerih payah para pahlawan kita.  

“ Ya tujuannya  untuk memelihara dan meningkatkan rasa kebangsaan, memupuk  rasa cinta tanah air dan  bangsa,” ujar Ketua KPU Sukoharjo setelah kegiatan apel pagi secara daring, Jumat (9/7/21).   Selain itu untuk  menumbuhkan semangat nasionalisme dan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia juga  melestarikan lagu-lagu nasional dan untuk menghargai  mengenang jerih payah para pahlawan kita.

Apel pagi tersebut  menindaklanjuti surat KPU RI no 604/SDM.03.5-SD/05/KPU/VI/2021 tanggal 30 Juni 2021 tentang Himbauan Pelaksanaan Apel Pagi .

"Sekaligus sebagai pengabdian terhadap negara dan rakyat Indonesia serta ketaatan terhadap ideologi dan UUD RI tahun 1945." katanya lagi.

Hal itu dilakukan KPU Sukoharjo secara rutin setiap hari Selasa dan Kamis pagi jam 10.00 WIB pada saat agenda apel pagi sejak tanggal 1 Juli 2021, jelasnya. Selain Indonesia Raya juga mendengarkan dan melafalkan sila-sila dalam Pancasila secara rutin dalam apel pagi setiap hari Rabu dan Jumat jam 10.00 WIB. “Tentu saja dengan daring karena saat ini penerapan PPKM Darurat dan KPU Sukoharjo melaksanakan WFH 100%.” tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa meskipun apel dilaksanakan di rumah masing-masing tetapi semua yang apel tetap  berdiri tegak  dan sikap  hormat sesuai dengan peraturan saat menyayikan/mendengarkan lagu nasional Indonesia Raya dan sila Pancasila.

Menurut Divisi Sosdiklihparmas dan SDM  KPU Sukoharjo Suci Handayani  jajaran KPU Sukoharjo selain melakukan apel pagi dengan mendengarkan Indonesia Raya  dan melafalkan sila Pancasila ia berharap  sila-sila yang terkandung dalam pancasila tidak hanya  dihapalkan tetapi juga mendasari  dan tercermin dalam kehidupan sehari-hari,  menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan bernegara.

“Pancasila memuat lima poin penting yang disusun untuk mencakup segala aspek kehidupan yakni ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, keadilan, hingga kesejahteraan sosial. Sila-sila yang terkandung dalam pancasila tidak hanya kita hapalkan tetapi juga mendasari  dan tercermin dalam kehidupan kita sehari-hari,  menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan bernegara.” Katanya.

Sebelum apel pagi ditutup, anggota KPU Sukoharjo tersebut  memberikan pengarahan dan mengingatkan seluruh jajaran Kpu Sukoharjo agar tetap bekerja sesuai dengan tugas  tanggungjawab dan selalu berkoordinasi dengan divisi dan kasubag masing-masing. Sekaligus mengingatkan agar semua disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan tetap melakukan 5 M. (SH)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.