Makna dan Filosofi  Design Twibbonize HUT RI ke -76  Dari KPU  Kabupaten Sukoharjo

KPUSKH-Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun(HUT) RI ke-76, KPU Sukoharjo membuat desaign twibbonize khas KPU Sukoharjo. Selain digunakan untuk menampilkan ucapan HUT RI juga dimaksudkan untuk memeriahkan lomba peringatan HUT RI ke-76 yang diadakan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah.

Twibbonize atau bingkai foto dengan format PNG  digunakan untuk membuat foto  atau ucapan menjadi lebih menarik, ucap anggota KPU Sukoharjo Divisi Sosdiklihparmas dan SDM  Suci Handayani.

“Ya kita bikin dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun(HUT) RI ke-76, selain tujuannya  untuk memeriahkan lomba  dalam rangka peringatan HUT RI ke-76  yang diadakan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah.” Lanjutnya.

Twibbonize didesaign menarik dengan tetap menampilkan cirikhas kabupaten Sukoharjo yakni gambar patung jamu dan tani. Selain tentu saja tulisan tema HUT RI ke-76 yakni Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh dengan angka 76 dan symbol bangga buatan Indonesia.

Ada makna filosofis yang ada dalam gambar yang dipilih tersebut, jelas Suci menjelaskan lebih lanjut.

Pertama , terdapat gambar angka 76 Th dan tulisan “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh  :  adalah logo  resmi Kemerdekaan RI ke-76 ini merupakan visualisasi tema yang diusung tahun ini, yaitu “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.” Tema tersebut mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik. Deskripsi tersebut digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

Bentuk angka '7' diasosiasikan sebagai bagian dari 'tiang pancang' infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. Bentuk ini melambangkan 'kepala Garuda' yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.

Bentuk angka '6' diasosiasikan sebagai 'orang dan roda yang sedang bergerak' terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi. Garis sejajar antar angka 7 dan 6 diasosiasikan sebagai 'ruang' yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Selain itu dapat diasosiasikan bentuk 'panah' yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan.

Bentuk 'lingkaran' merupakan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Bentuk ini juga dapat diasosiasikan 'persatuan' Indonesia.

Kedua, logo dan tulisan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sukoharjo  menegaskan institusi KPU  Kabupaten Sukoharjo.

Ketiga, gambar patung jamu dan pak tani  yang diletakkan di bagian bawah sisi kiri dimaknai bahwa  patung Jamu Gendong dan Pak tani  sebagai identitas Kabupaten Sukoharjo dimana Kabupaten Sukoharjo merupakan sentra penjualan jamu tradisional yang cukup dikenal di Indonesia dan pusat pertanian yang menjadi salah satu penyokong kebutuhan pangan dan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Sukoharjo.

Keempat, Symbol bangga buatan Indonesia tentang   filosofi logo bangga buatan Indonesia meliputi gabungan dari logogram dan logotype dengan sentuhan modern. Logogram digunakan untuk menunjukkan cinta pada produk lokal dan menggambarkan perasaan bangga pada produk lokal. Sekaligus menunjukkan kesatuan satu Indonesia.

Kelima, tulisan DIRGAHAYU INDONESIA 17 Agustus 1945-17 Agustus 2021 : menegaskan harapan  Indonesia berumur panjang,  ucapan selamat atas usia kemerdekaan RI ke -76

Kelima, Warna dasar merah dan putih : sesuai dengan warna bendara Indonesia yang  memiliki makna filosofis yakni  Merah berarti keberanian, sedangkan putih berarti kesucian. Selain itu, warna merah pun dikatakan melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia.

Silahkan bisa mengunakan twibbonize KPU Sukoharjo dengan link https://twb.nz/kpuskh76indonesia,  pungkas Suci. (SH)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.