Optimalisasi Website Sebagai Wujud Transparansi KPU

KPUSKH-Guna  meningkatkan kualitas laman KPU sebagai media informasi publik, KPU RI menggelar Sosialisasi Penataan Website KPU bersama KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, pada Jumat pagi (20/08/21).

KPU provinsi, KPU kabupaten/kota diminta melakukan migrasi atau pemindahan laman (website) masing-masing dan selanjutnya mengikuti contoh atau template yang telah disediakan KPU RI.

Ketua KPU RI Ilham Saputra menekankan bahwa tujuan dari migrasi selain untuk penyeragaman juga meningkatkan keamanan website.

" Sebagai upaya untuk menghindari peretasan website  oleh pihak-pihak lain yang ingin mengubah informasi dari KPU,” katanya.

Lebih lanjut ia minta semua informasi masuk dalam website baik itu saat tahapan maupun tidak dalam masa tahapan karena website sangat penting sebagai sarana komunikasi  bagi KPU dengan masyarakat.

“Masyarakat perlu tahu apa saja yang dikerjakan KPU terutama pada saat tidak ada tahapan,” tambahnya.

 Anggota KPU RI Viryan menekankan  seluruh satker segera melakukan migrasi ke laman disain (website template) yang sudah disediakan demi mewujudkan "kantor daring" KPU yang optimal.

“Agar melakukan migrasi ke laman disain yang sudah disediakan KPU,” ujarnya.

Sementara itu  pengunaan template KPU RI dengan pertimbangan bahwa , pertama jenis CMS yang digunakan oleh tiap satker beragam, kedua penyeragaman tampilan website, ketiga perbaikan keamanan/bug lebih mudah (patch), keempat kesamaan operasional antara web satker dengan web KPU RI dan kelima agar lebih mudah dalam mengelola mitigasi apabila terjadi serangan.

Viryan  memaparkan gambaran website baru yang perlu dibangun oleh jajaran KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota berikut sisi keamanan. 

“Optimalisasi web karena didorong upaya penyimpanan data secara digital dan mudah diakses khalayak, sebagai wujud  transparansi KPU,” ia menjelaskan panjang lebar. Disampaikan bahwa KPU perlu mempunyai cloud office karena era sekarang serba digital. Ada beberapa kantor KPU di daerah yang masih ngontrak bangunan milik masyarakat, atau milik pemerintah daerah, sehingga jika sewaktu masyarakat membutuhkan informasi, rentan terhadap kepindahan kantor.

Migrasi ke web dengan domain KPU yang dimiliki KPU kabupaten/kota agar keamanan terhadap upaya tak bertanggung jawab oleh para peretas. Selain itu KPU RI lebih mudah mengawasi dan mengendalikan keamanan web KPU kabupaten/kota, tambahnya lagi.

Anggota KPU RI RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Arief Budiman turut hadir pada Sosialisasi Penataan Website KPU Seluruh Indonesia, yang digelar secara daring dan diikuti seluruh KPU provinsi dan kabupaten/kota. (SH)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.