Tantangan Dalam Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024

KPUSKH- Rancangan KPU untuk tahun 2024  yakni  pemilu (Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, dan DPRD) akan diselenggarkan 21 Februari 2024 dan pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota) sesuai UU No. 10 Tahun 2016 pada 27 November 2024, jelas  Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Yulianto Sudrajad.

“Hal itu berdasarkan  rapat konsinyering (RDP) terakir  antara penyelenggara pemilu, DPR, dan pemerintah . Diputuskan  bulan Februari  untuk pemilu dan  November 2024 untuk pemilihan.” Terang Drajat, panggilan ketua KPU Jawa Tengah yang disampaikan saat menjadi narasumber  dalam  diskusi Rabu Ingin Tau (RIT), diskusi mingguan daring,  dengan tema Menuju Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024, Rabu (21/7/21).

Berdasarkan simulasi tahapan  pemilu  cukup panjang dimulai pada Januari 2022 sampai Januari 2025. Yang tak kalah penting untuk dicermati adalah tantangan dalam pemilu tahun 2024 yakni adanya irisan akhir masa jabatan anggota KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota.

“KPU menghadapi tantangan berat karena tahapan beririsan dengan akhir masa jabatan(AMJ)  KPU Provinsi maupun kabupaten/kota, dan ini tidak hanya di jawa tetapi juga ada diluar jawa.” Ujarnya.

AMJ KPU Provinsi Jawa Tengah beririsan dengan tahapan pemutakhiran data pemilih, pencalonan anggota DPR, DPD dan DPRD serta pencalonan presiden dan wakil presiden, pembentukan badhoc, sengketa penetapan calon, kampanye, laporan dan audit dana kampanye.

Sedangkan AMJ KPU Kabupaten/Kota beririsan dengan tahapan pemutakhiran data pemilih, masa kerja badan adhoc, sengketa penetapan calon, kampanye, laporan dan audit dana kampanye

Ia menambahkan jika setelah dilantik akan ada orientasi tugas yang juga bertepatan dengan sejumlah tahapan.

Pengelolaan badan adhoc juga menjadi tantangan berikutnya sehingga KPU RI mengusulkan tata kelola badan adhoc dalam pemilihan dan pemilu 2024.

Lebih lanjut Drajat juga menyampaikan pentingnya kebutuhan tehnologi informasi.

“Adapun tujuan tehnologi informasi untuk  meningkatkan efektifitas, efisiensi, kecepatan proses dan kualitas layanan kepada Parpol, Peserta Pemilu, Pemilih serta stakeholder lainnya.”

Selain meningkatkan transparansi dalam setiap Proses tahapan Pemilu juga  menghasilkan  Data yang mutakhir dan berkualitas.

Ada Sidalih, Sipol, Sidapil, Sidakam, Silog, Sirekam , Siakba yang semuanya disiapkan untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan pemilu, pemilihan 2024.

Untuk itu penting dari sekarang KPU kabupaten/kota mempersiapkan diri sebaik mungkin salah satunya dengan menyampaikan informasi, menjalin komunikasi   dan mencari dukungan pemkab dan pihak lainnya , pesannya.

Ketua, anggota dan sekretaris KPU Sukoharjo   hadir lengkap  mengikuti RIT (SH)

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.