Tim Bakohumas Dibekali Ketrampilan Dalam Mengemas Informasi Kekinian

KPUSKH-Tim Bakohumas KPU Sukoharjo  dituntut mampu mengemas dan menyajikan informasi yang menarik, mudah dipahami dan menambah pengetahuan  pemahaman masyarakat. Salah satunya dengan penyajian informasi yang kekinian. Untuk itu dibutuhkan kemampuan tehnis  personal dalam  tim Bakohumas , tutur salah satu pengarah Bakohumas KPU Sukoharjo Suci Handayani.

“Informasi yang menarik akan mudah dipahami oleh masyarakat oleh karenanya informasi harus menyesuaikan dengan tuntutan kekinian di era digital ini salah satunya melalui meme.” Tegasnya. Untuk itu dibutuhkan  peningkatan kapasitas tim Bakohumas seperti yang dilakukan dalam kegiatan capacity  building, Senin (28/6/2021) dengan sessi pengenalan meme.

Meme  sendiri biasa digunakan sebagai ungkapan emosi (senang, sedih, marah) dan maksud tertentu  diungkapkan berbentuk tulisan disertai  media visual misalnya gambar yang dianggap mewakili perasaan dan maksud tersebut. Di era digital ini, meme telah menjelma menjadi sebuah budaya popular dan dibutuhkan lembaga-lembaga karena mudah dipahami dan dimengerti. Dalam penyajian informasi, ucapan peringatan hari besar nasional atau ungkapan menjadi menarik lewat meme. Dan ini menjadi tuntutan jaman.

Secara tehnis sebelum membuat meme pertamakali tujuan meme untuk apa, ditujukan kepada siapa , menentukan tema dan konsep, papar Septian Andi narasumber yang memberikan pelatihan membuat meme.

Langkah-langkah membuat meme selain disampaikan secara teori juga dilakukan praktek langsung sehingga peserta lebih mudah memahaminya.

Ade , salah satu anggota  Bahohumas mengaku senang bisa mendapatkan pembelajaran membuat meme meskipun tidak mudah.

“Ya ini menarik sekali karena saya jadi tahu cara membuat meme meskipun tidak mudah dan butuh kesabaran,”ucapnya. Meskipun begitu ia yakin mampu membuat meme jika mencobanya.

Peningkatan kapasitas Bakohumas akan digelar secara rutin dengan materi yang berbeda-beda antara lain membuat infografis, fotoshop, tehnik menulis berita dan buku dll, seperti yang disampaikan oleh ketua Bakohumas, Suhadi.

“Materi peningkatan kapasitas tim sudah kita siapkan dan akan terus dilakukan secara rutin, tuturnya lagi. (SH)

 

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.