Upaya Meningkatkan Kapasitas Penyelenggara Pemilu

KPUSKH-KPU RI mengelar Rapat Persiapan Keikutsertaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perempuan Bagi Anggota KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota.  Rapat  daring ini, Jumat (27/08/21) digelar dalam rangka mengikuti Program Pelatihan Perempuan Memimpin 2021 yang diadakan  oleh  Pusat Kajian Politik (Puskapol) LPPSP FISIP Universitas Indonesia (UI) .

Ketua KPU RI, Ilham Saputra menekankan kiranya anggota KPU seluruh Indonesia dapat mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kapasitas diri serta mendorong partisipasi perempuan mengikuti seleksi anggota KPU RI periode 2022-2024.

“Harapan saya teman-teman perempuan anggota KPU bisa mengikuti pelatihan ini sebagai upaya meningkatkan kapasitas sebagai penyelenggara,” ujarnya.

Program  Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perempuan Bagi Anggota KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota bertujuan untuk  memberikan kesempatan kepada perempuan  menyiapkan diri (pengetahuan dan kapasitas) untuk mengikuti Seleksi Penyelenggara Pemilu di tingkat nasional (KPU RI dan Bawaslu RI).

Mengutip dari surat Puskapol UI,  Pelatihan Perempuan Memimpin diadakan kembali pada tahun ini karena jumlah perempuan sebagai penyelenggara pemilu masih sangat sedikit dibandingkan laki-laki. Di tingkat nasional, hanya ada satu perempuan yang terpilih sebagai anggota KPU RI dan Bawaslu RI periode 2017-2022. Adapun di tingkat provinsi, jumlah perempuan yang menjadi anggota KPU hanya 39 perempuan dari total 185 anggota atau setara 21 persen. Sedangkan jumlah perempuan yang menjadi anggota Bawaslu hanya 38 perempuan dari total 188 anggota atau setara dengan 20 persen. Padahal, keterlibatan perempuan sebagai anggota lembaga penyelenggara pemilu dijamin dalam UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Pasal 10 ayat 7 dan Pasal 92 Ayat 11 secara eksplisit menyatakan bahwa komposisi keanggotaan penyelenggara pemilu perlu memperhatikan keterwakilan perempuan sekurang-kurangnya 30 persen.

Anggota KPU Sukoharjo yakni Ita Efiyati dan Suci Handayani mengikuti rapat persiapan tersebut . (SH)

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.